Politisi PAN Sebut Partai Ummat Kental dengan Nuansa Oligarki

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Deklarasi Partai Ummat telah dilakukan pada Kamis, 29 April 2021 kemarin. Deklarasi dilakukan secara virtual. Dalam deklarasi tersebut, Partai Ummat juga mengumumkan ketua umum dan kepengurusannya.

Politikus PAN Guspardi Gaus menilai, susunan kepengurusan Partai Ummat yang dibentuk Amien Rais kental dengan nuansa oligarki.

Sebabnya, yang menjadi ketua umum partai adalah Ridho Rahmadi, yang tak lain adalah menantu Amien. Sementara, Amien didapuk menjadi Ketua Majelis Syuro Partai Ummat.

“Karena ini menantu Pak Amien, masyarakat akan menilai apakah praktik oligarki atau partai dibentuk dalam sistem kerajaan telah berlaku pada Partai Ummat. Masyarakat sudah cerdas, kita persilakan masyarakat menilai,” kata Guspardi saat dihubungi, Jumat (30/4/2021).

Ia menambahkan, PAN tidak terganggu atau merasa tersaingi dengan kehadiran Partai Ummat. Sebab, ia menilai bahwa PAN menganggap semua Warga Negara Indonesia (WNI) berhak mendirikan partai politik.

“Tinggal bagaimana menjadi suatu organisasi politik yang mampu mewadahi aspirasi masyarakat lewat pemilu,” imbuh dia.

Guspardi mengingatkan, syarat untuk menjadi peserta pemilu tidak lah mudah. Terlebih, untuk mendapatkan kursi di DPR.

“Ini bagian aktualisasi daripada demokrasi. Cuma untuk menjadi peserta pemilu tentu harus dipenuhi pula persyaratan-persyaratan untuk menjadi partai politik peserta pemilu,” jelasnya.

Ia membeberkan langkah lain yang perlu ditempuh partai politik baru untuk mencapai posisi di parlemen.

“Untuk bisa berada di Senayan, harus bisa memenuhi parliamentary threshold, dan biasanya partai baru sulit dan susah untuk bisa capai hal demikian,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat, Kamis (29/4/2021).

“Atas nama para pendiri, para pimpinan, para kader, dan anggota Partai Ummat, pada tanggal 17 Ramadhan 1442 Hijriah bertepatan dengan 29 April 2021 Masehi,” kata Amien dalam acara deklarasi yang ditayangkan melalui akun YouTube Amien Rais Official, Kamis siang.

“Bismillahirrahmanirrahim, saya deklarasikan kelahiran Partai Ummat di persada bumi pertiwi Indonesia yang kita cintai bersama,” sambungnya.

Diketahui, posisi Ketua Umum Partai Ummat diduduki oleh Ridho Rahmadi yang merupakan menantu Amien Rais, suami dari putri Amien Rais, Tasniem Rais.

“Ketua Umum Ridho Rahmadi, Sekretaris Jenderal Ahmad Muhadjir Sodruddin,” ucap Sekretaris Majelis Syuro Partai Ummat Ansufri Idrus Sambo saat deklarasi Partai Ummat.

Ridho didampingi oleh tiga wakil ketua umum yakni Agung Mozin, Sugeng, dan Chandra Tirta Wijaya, serta seorang bendahara umum yakni Benny Suharto. [fed]

Sumber: Indopolitika.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *