Tanggul Kali Bekasi Jebol, Warga Sahur di Tengah Banjir

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Luapan Kali Bekasi berakibat sejumlah perumahan seperti Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), Kelurahan Jakasetia Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi dilanda banjir. Ketinggian air bahkan mencapai hingga 1 meter.

Akibatnya, puluhan warga yang tinggal di perumahan tersebut mulai mengeluarkan kendaraannya. Hal ini untuk mengantisipasi meningkatnya kembali air dari luapan Kali Bekasi.

Meluapnya Kali Bekasi disebabkan derasnya hujan yang mengguyur wilayah Jabodetabek pada Kamis petang (6/5/2021). Berdasarkan data yang di terima, satu anggota keluarga di perumahan tersebut berhasil dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Ketinggian air naik relatif cepat sehingga dalam waktu singkat sudah masuk juga ke rumah-rumah warga,” ucap Sekretaris RW 13 Perumahan Pondok Mitra Lestari Andi Firdaus Jumat (7/5/2021).

Ketinggian air yang menggenangi rumah warga bervariasi dikarenakan kontur permukaan rumah warga yang berbeda-beda. Namun rata-rata ketinggian air sekira 50 cm.

Baru menjelang waktu sahur, genangan banjir mulai surut dan meninggalkan sisa lumpur tipis di permukaan lantai dan jalan.

“Banjir yang berada di Perumahan Pondok Mitra Lestari, merupakan luapan Kali Bekasi,” kata seorang warga, Dedi Eko, Jumat (7/5/2021).

Ketinggian air di Perumahan Pondok Mitra Lestari sempat mencapai 70 hingga 1 meter. Sejumlah perahu karet di terjunkan di beberapa titik untuk mengantisipasi, warga yang ingin di evakuasi.

“Beberapa perahu sudah diterjunkan untuk melakukan evakuasi warga yang terdampak,” imbuhnya.

Satu keluarga yang berada di Jalan Cemara Blok C5 Rt 13 RW 14, berhasil di evakuasi oleh Timsar ke tempat yang lebih aman.

“Di perumahan PML sendiri satu keluarga sudah dievakuasi yang terdiri dari 1 orang lansia, 2 orang balita, dan 2 orang remaja,” tambahnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi memprediksi tinggi muka air Kali Bekasi bisa mencapai lima meter dari situasi normal 3,5 meter.

“Kita pantau di Perumahan Pondok Gede Permai. Ada beberapa tanggul di Kali Bekasi yang jebol dan dalam proses perbaikan. Harap waspada,” kata Wakil Kepala Bidang Pusat Data dan Informasi BPBD Kota Bekasi Karsono. [rif]

Sumber: Indopolitika.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *